Minggu, 18 Juli 2010

Fisika dalam Pandangan Awal Siswa

Fasilitator : Ahmad Sholihan, M.Si

Guru Bidang Studi : FISIKA - MA YKUI Maskumambang

Apa tanggapan siswa ketika mendengar kata FISIKA ? Serentak berbagai komentar langsung muncul dari meraka, ada yang mengatakan fisika itu ilmu alam, fisika itu ilmu terapan, fisika itu momok, bahkan ada yang benci-benci tapi suka. Mengapa seperti itu, kita baca saja komentar mereka tentang fisika ketika ditanya tentang fisika menurut pengertian mereka.

WAHYUNI LESTARI

Fisika merupakan salah satu ilmu alam yang membahas tentang gejala-gejala alam yang ada disekitar kita. Dengan belajar fisika, kita bisa mengetahui kenapa dibumi ini terjadi gejala-gejala alam, baik akibat individu manusia maupun yang lainya. Kita juga bisa mengetahui apa saja yang dapat ditimbulkan oleh benda-benda mati bila kita melakukan sesuatu kepadanya. Fisika sangat berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari, misalnya gejala benda yang kita kasih gaya seperti gaya dorong, gaya angkat, dll. Sebenarnya belajar fisika itu sulit-sulit gampang, yang membuat sulit itu banyak sekali rumus-rumusnya yang melingkupi tiap materi.

AINUN JARIYAH

Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan besaran, pengukuran, massa, gelombang, kecepatan, percepatan,. Fisika dapat dimisalkan dengan balok mengapung, melayang, dan tenggelam. Dalm fisika terdapat banyak hukum yang telah ditetapkan oleh para penemu/ilmuwan fisika. Terkadang teori dalam fisika sulit dipahami dan begitu pula dengan soal ceritanya.

SAUSANIL AFAF

Fisika adalah sebuah kata yang begitu mudah diucap tapi begitu rumit. Banyak siswa-siswi yang begitu takut dengan fisika tapi ada yang begitu suka dengan fisika. Fisika adalah pelajaran yang begitu membingungkan,rumit,penuh dengan tantangan dalam memecahkan rumus namun begitu asyik bila dijalani karena fisika selalu ada dalam kehidupan sehari-hari, selalu diterapkan dimanapun sehingga kita terasa dipompa untuk bisa dalam fisika . Namun fisika tetaplah fisika yang sulit dan tetap membingungkan akan satuan-satuanya, rumus-rumusnya, teori-teorinya, pokoknya segalanya dech….!!!

ZAMZAMIYAH

Fisika adalah salah satu disiplin ilmu yang terdiri dari teorema-teorema yang terkandung didalamnya baik teorema matematika dan teorema fisikanya yang mana teorema-teorema tersebut merupakan aplikasi dari kehidupan sehari-hari. Namanya saja fisika yang berarti fisik artinya nyata dan jelas. Dalam ilmu fisika dilatih untuk mempertajam kita dalam hal berfikir dalam bentuk pernyataan-pertanyaan aplikasi, soal-soal evaluasi atau uji kompetensi maka tak heran jika ilmu fisika menjadi momok bagi para pelajar SMP dan SMA.

USWATUN HASANAH (L)

Fisika …….? Awal masuk SMP/Mts mendengar pelajaranbaru yang bernama fisika. Rasanya wah……….!! Takut tidak bisa karena menurut saya nama fisika adalah nama yang keren, dibandingkan dengan matematika , Bhs. Inggris, Bhs. Indo yang sudah kita dengar mulai dari bangku MI. Setelah semua dijalani , saya mempelajarinya dengan membayangkan sesuatu kejadian yang kadang dipelajari dalam fisika. Sebenarnya dalam hati saya ingin bisa fisika karena ada prakteknya jadi kuat dalam ingatan, sedangkan jika dipelajari dalam teori saya sering mandek ditengah jalan karena kesulitan dalam hal hitung-menghitung bahkan dalam angka yang kecilpun bila dalam pembagian saya sering binggung. Dulu waktu masih dibangku Tsanawiyah saya berkeinginan menjadi fisikawan, tapi sepertinya tidak ada bakat dalam diri saya kini saya ingin atau berminat dalam hal social. Mohon solusinya…..??

IFMA

Fisika selalu dikaitkan dengan besaran, satuan, angka-angka dan notasi ilmiah. Fisika adalah ilmu yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti : memasak air, perputaran buku, dll…. Fisika adalah suatu hal yang sangat rumit, tapi sebenarnya fisika itu asyik dan seru dalam hal percobaan dan praktikum, tapi kalau sudah menyangkut rumus, Waw….. itu yang sangat menjengkelkan dan membuat pusing kepala.

MIRFAT AGUSTINI N.

Fisika adalah ilmu eksakta yang mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, dimana dengan fisika kita dapat mengetahui asal-usul/fenomena yang terjadi dilingkungan sekitar kita. Akan tetapi,fisika merupakan ilmu eksakta yang paling sulit dan rumit, karena di dalam ilmu ini terdapat banyak rumus-rumus yang begitu rumit. Tidak sedikit banyak orang yang suka, dan banyak juga yang menganggap fisika sebagai momok dari pada ilmu-ilmu yang lain.

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar